MONGOL, Nominator Film Berbahasa Asing Terbaik di Academy Award 2008 Segera Tayang di Blitzmegaplex

Press Release for Immediate Release
Jakarta, 14 Agustus 2008
MONGOL adalah film epic sejarah produksi Negara Kazakhstan, Rusia dan Jerman yang di sutradarai oleh Award-winning Russian Filmmaker, Sergei Bodrov. Nomenee Film Berbahasa Asing Terbaik pada perhelatan the eminent Academy Award 2008 ini bercerita tentang kehidupan dan legenda Genghis Khan dalam epik historisnya yang menakjubkan. Film ini memaparkan tahun-tahun awal yang mengerikan dan dramatis dari sang penguasa yang terlahir sebagai Temudgin pada tahun 1162. Mengikuti Temudgin dari masa kanak-kanaknya yang penuh bahaya sampai pada peperangan yang menentukan nasibnya, Film ini melukiskan sebuah gambaran yang multidimensial dari penakluk masa depan, sosok yang inspiratif, pemberani, dan pemimpin yang visioner. MONGOL membesitkan banyak pesan moral yang mengingatkan kita pada isu-isu hak asasi manusia, perbudakan, poligami, romansa sampai ke pendidikan sejarah bangsa Mongol.

Dalam menyelesaikan film ini Bodrov memerlukan waktu bertahun-tahun, Ia menganggap project film tentang Genghis Khan ini adalah project terbesar nya. “Saya selalu tertarik untuk mengambil tokoh terkenal dan menggalinya sedikit lebih dalam; untuk mendapatkan klise dan mencari tahu apa yang terjadi di kehidupan nyata. Saya ingin tahu: Apakah dia seorang yang buruk, yang dituduh membunuh jutaan orang – bagaimana semua itu terjadi? Bagaimana dia menjadi seorang Genghis Khan?,” paparnya. “Masa kecilnya benar-benar tidak diketahui adanya. Dan kemudian anda akan mengetahui bahwasanya dia adalah anak yatim, dia seorang budak, semua orang mencoba untuk membunuhnya, istrinya di culik, dia mendapatkan kembali istrinya sudah dalam keadaan hamil. Bagi saya, ini adalah awal dari sebuah cerita yang menarik tentang tokoh yang luar biasa.”

Dalam menentukan dan memilih pemain Bodrov mencarinya hingga ke seluruh penjuru dunia, meliputi Mongolia; Kazakhstan; Kyrgystan; Jepang; China; Korea; Los Angeles; dan wilayah Rusia seperti Tuva, Buryatia, Tatarstan, Bashkiria, Yakutia (aka Sakha), Volga, Ural, dan Siberia. Bodrov mengkasting pemenang aktor Jepang, , sebagai Temudgin dewasa. Aktor dari sebuah sinema independent Jepang, Asano telah tampil dalam berbagai film yang berbeda, dari film samurai Takashi Kitano “Zatôichi” sampai pada Pen-Ek Ratanaruang’s art-house favorite “Last Life in the Universe”, film yang membawa Asano meraih penghargaan Upstream Award for Best Actor pada tahun 2003 dalam Festival Film Venice. “ Saya selalu mencari yang terbaik dan saya sedang mencari siapa yang akan menangkap apa yang saya lihat dan akan membuat ini menjadi kuat, Asano adalah orang yang sangat spesial. Dia adalah aktor serba bisa, dia juga seorang musisi, seorang seniman, dan seorang desainer. Minatnya sangat banyak, “ Bodrov menegaskan.

Produksi film MONGOL dimulai tahun 2005, dan pembuatannya sebagian besar berlokasi di wilayah terpencil di China, Mongolia dan Kazakhstan. Lokasi-lokasi tersebut benar-benar bagian dari kekaisaran bangsa Mongolia, meliputi jejak-jejak kosong dan hutan lebat yang merupakan kampung halaman Temudgin. Film ini mencoba mengabadikan pola hidup nomaden dari suku Mongol yang hidup di abad ke -12, melintasi daratan dengan berkuda, berpindah-pindah berdasarkan musim dan membentuk kamp-kamp yang efisien dan lengkap dengan binatang ternaknya.

Nominator Film Berbahasa Asing Terbaik di Academy Award ini dalam waktu dekat akan hadir meramaikan perfilman di Indonesia. Saksikan MONGOL di Blitzmegaplex mulai 1 Oktober 2008. (oz 2008)

About senimata

SENIMATA KOMUNIKA adalah sebuah lembaga independen yang bergerak dalam jasa pelayanan marketing, komunikasi dan media. Kami telah berkecimpung dalam aktivitas media relations, tidak hanya dalam masalah jurnalistik, kamipun merambah jalur IT Consultant, Press /Exhibition Organizer, Communication Strategic, Film Publicist, Exhibition dan Sponsorship Consultant. SENIMATA KOMUNIKA didirikan secara resmi 5 Oktober 2007 oleh M. T. Rachman (Oky) dan Yogi R Yogaswara. Oky dan Yogi berlatar belakang Public Relations, Marketing Communications, Media dan Jurnalistik. Sebelumnya, Oky adalah CEO dan pemimpin redaksi sebuah majalah dan situs film serta Yogi adalah Managing Editor dan Creative Director sebuah majalah film & broadcast. Pada perkembangan selanjutnya, SENIMATA KOMUNIKA kian kukuh dengan bergabungnya Arsyadi Agustian dan Mahendra Lazuardi. Arsyadi berpengalaman dibidang Creative Concept, Sponsorship Consultan dan Marketing Strategy. Sedangkan Mahendra berpengalaman di Komunikasi Visual, Animasi, Design, LAN Network, dan Software Development. SENIMATA KOMUNIKA didirikan atas dasar kebutuhan berbagai pihak/lembaga/badan usaha untuk mengkomunikasikan brand produk, jasa serta individu ke masyarakat luas dengan menggunakan beragam media. SENIMATA KOMUNIKA membantu Anda juga dalam strategi komunikasi untuk mencapai segenap tujuan dalam bidang sosial, ekonomi, politik dan budaya. Salam Hangat, SENIMATA KOMUNIKA “All About Marketing Communications, Media, & Film”

Posted on September 2, 2008, in Press Release and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: